Header Advertisement

Ciptakan Internet Safety untuk Anak

Internet merupakan sumber permainan, informasi dan pengetahuan yang mengasikkan untuk anak. Tapi jika tanpa arahan, internet juga bisa menjadi bahaya yang mengancam bagi anak, seperti cyberbullying (penindasan melalui internet), melihat hal yang belum pantas dilihat oleh anak dan bahaya dari pengguna internet lain yang mencari mangsa anak-anak. Dalam hal ini diperlukan upaya untuk menciptakan internet safety (keamanan berinternet) untuk anak.
Internet safety untuk anak
Untuk menciptakan internet safety bagi anak dapat menggunakan software yang membantu menyelamatkan anak dari pengaruh buruk internet dengan parental controls (kontrol orangtua).  Menggunakan parental controls berarti juga memudahkan orangtua untuk mengatur dan menjaga apa saja yang dapat dilihat dan diakses oleh anak.
Di beberapa negara maju, penyedia jasa internet telah menyediakan internet safety untuk anak dengan parental controls secara gratis berbeda dengan di Indonesia. Tapi kita pun dapat memperoleh software gratis untuk mengontrol apa saja yang boleh diakses anak kita.
Memilih software parental controls yang baik
  1. Pengaturan spesifikasi usia
    Pantas atau tidaknya sebuah situs website bergantung kepada umur anak. Anak berusia 15 tahun seharusnya diperbolehkan untuk mengakses website lebih luas dibandingkan dengan anak usia 7 tahun. Software parental controls yang baik memungkin orangtua untuk mengatur spesifikasi usia anak.
  2. Penyeleksian keyword (kata kunci)
    Beberapa software parental controls mengantur berdasarkan kata kunci atau keywords yang digunakan. Sehingga dapat menutup  akses ke situs website dengan kata kunci yang diatur oleh orangtua.
  3. Memasukkan daftar yang diijinkan dan daftar yang dilarang
    Beberapa software juga mengontrol berdasarkan kategori, sperti, obat-obat terlarang, narkotika, pornografi, senjata, dan lainnya yang termasuk dalam daftar dilarang (blacklists) dan yang diijinkan (whitelists)
  4. Jadwal akses online
    Memiliki jadwal waktu kapan dan berapa lama anak dapat mengakses online, yang sebaiknya dapat mengganti waktunya tiap hari,
  5. Pesan Singkat (Instant Messages)
    Jika anak-anak sudah diijinkan untuk menggunakan pesan singkat (Instant messages) maka software parental controls harus dapat memonitor percakapan mereka. Dan dapat mencegah mereka dengan tidak mengirimkan data pribadi kepada orang lain
  6. Larangan Aplikasi (Application blocking)
    Tidak semua parental controls memiliki fasilitas ini. Tapi ini pantas dimiliki karena dapat mencegah beberapa aplikasi yang tidak pantas digunakan oleh anak-anak.1497088890_1048165778.jpg
  7. Pengaturan dan pemberitahuan
    Software yang terbaik adalah software yang mengijinkan orangtua mengubah beberapa hal ketika komputer anak dinyalakan ndari komputer lainnya. Bahkan akan mengirimkan pemberitahuan jika ada ‘niatan’ untuk mengunjungi situs website yang telah dilarang.
Tapi tetaplah siap sedia untuk melindungi anak-anak ketika menggunakan komputer, karena software parental kontrols tidaklah dapat 100% menjaga anak-anak dari kejahatan dunia cyber. Anak-anak akan makin besar dan dapat mengakali keamanan yang telah diatur sedemikian rupa oleh orangtua
Share on Google Plus

Tentang Penulis admin

Terimakasih Sudah Mengunjungi Web Kami, Semoga apa yang kami tuliskan bermanfaat untuk anda. Jangan Lupa Share jika bermanfaat
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Do'a kanlah agar pengelola website ini beserta keluarga besarnya Allah jadikan panjang umur dan bertakwa, diampuni segala dosa, sehat-kaya-bahagia hingga akhir usia. Dengan mendo'a kan kebaikan untuk kami, InsyaaAllah Anda akan mendapat kebaikan yang sama.

**JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTARNYA DI BAWAH INI ***