Header Advertisement

TATA TERTIB PENGAWAS RUANG UAS


TATA TERTIB PENGAWAS RUANG UAS
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

1.      Persiapan UAS
a.       Tiga puluh ( 30 ) menit sebelum ujian dimulai pengawas Ruang UAS telah hadir di lokasi Sekolah/Madrasah penyelenggara UAS.
b.      Pengawa Ruang UAS menerima penjelasan dan pengarahan dari ketua penyelenggara UAS.
c.       Pengawas Ruang UAS menerima bahan UAS yang berupa naskah soal UAS, LJUAS, Amplop LJUAS, Dafar hadir, dan Berita Acara penyelenggaraan UAS.

2.      Pelaksanaan UAS
a.       Pengawas Ruang UAS masuk ke dalam  Ruang UAS 20 menit sebelum waktu pelaksanaan untuk melakukan :
1)      Memeriksa kesiapan ruang ujian.
2)      Meminta peserta UAS untuk memasuki ruang UAS dengan menunjukan kartu peserta UAS dan menempati tempat duduk sesuai nomor yang telah ditentukan
3)      Memeriksa setiap peserta UAS untuk tidak membawa tas,buku, atau catatan, alat komunikasi elektronik, kalkulator dan sebagainya kedalam ruang UAS kecuali ala-alat yang akan dipergunakan.
4)      Membaca tata tertib UAS.
5)      Meminta peserta ujian mentanda tangani daftar hadir.
6)      Membagikan LJUAS kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian formulir identitas peerta UAS( Nomor, Ujian, nama, tanggal lahir dan tanda tangan).
7)      Setelah seluruh peserta UAS selsesai mengisi identitas, pengawas ruang UAS  membuka amplop soal, memeriksa kelengkapan bahan ujian, dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam keadaan baik dan tertutup rapat (disegel), disaksikan oleh peserta ujian.
8)      Membagikan naskan soal UAS dengan cara meletakan diatas meja peserta UAS dalam posisi tertutup( terbalik). Peserta UAS tidak diperkenankan untuk menyenttuhnya sampai tanda waktu UAS dimulai.

b.      Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai, pengawas Ruang UAS :
1)      Mempersilahkan peserta UAS untuk mengecek kelengkapan soal.
2)      Mempersilahkan peserta UAS untuk mulai mengerjakan oal.
3)      Mengingatkan peserta UAS agar terlebih dahulu membaca petunjuk cara menjawab soal.

c.       Kelebihan naskah soal UAS selama ujian berlangsung tetap disimpan di Ruang ujian dan tidak diperbolehkan dibaca oleh pengawas Ruang.
d.      Selama UAS berlangsung, pengawas Ruang UAS wajib :
1)      Menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang ujian.
2)      Member peringaan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan.
3)      Melarang orang lain yang tidak berkepentingan memasuki ruang UAS.

e.       Pengawas UAS dilarang memberikan isyarat, petunjuk dan bantuan apapun kepada peserta UAS berkaitan dengan jawaban soal UAS yang diajukan.
f.        Lima menit sebelum waktu UAS selesai,pengawas ruang UAS member peringatan kepada peserta UAS bahwa waktu tinggal lima menit lagi.

g.      Setelah waktu UAS selesai, pengawas Ruang UAS :
1)      Mempersilahkan peserta UAS untuk berhenti mengerjakan soal.
2)      Mengumpulkan LJUAS dan naskah soal UAS.
3)      Menghitung jumlah LJUAS sama dengan jumlah peserta UAS.
4)      Menyusun secara LJUAS dari nomor peserta terkecil dan memsukannya kedalam amplop LUASdisertai dengan dua lembar daftar hadir peserta, dua lembar berrita acara pelaksanaan, kemudian ditutup dan dilem serta ditanda tangani oleh pengawas ruang UAS di dalam ruang ujian.
5)      Mempersilahkan peserta UAS menyerahkan LJUAS Tingkat Sekolah/Madrasah disertai dengan satu lembar daftar hadir peserta dan satu lembar berita acara pelaksanaan UAS
.
h.      Pengawas Ruang UAS menyerahkan LJUAS dan naskah soal UAS kepada penyelenggara  UAS  Tingkat Sekolah/Madrasah disertai dengan satu lembar daftar hadir peserta dan satu lembar berita acara pelaksanaan UAS
Share on Google Plus

Tentang Penulis waykalam school

Terimakasih Sudah Mengunjungi Web Kami, Semoga apa yang kami tuliskan bermanfaat untuk anda. Jangan Lupa Share jika bermanfaat
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Do'a kanlah agar pengelola website ini beserta keluarga besarnya Allah jadikan panjang umur dan bertakwa, diampuni segala dosa, sehat-kaya-bahagia hingga akhir usia. Dengan mendo'a kan kebaikan untuk kami, InsyaaAllah Anda akan mendapat kebaikan yang sama.

**JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTARNYA DI BAWAH INI ***