Header Advertisement

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR TINGKAT SMP, MTs, DAN SMPLB

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SMP, MTs, DAN SMPLB

      Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)

A.     Latar Belakang


Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik  untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global. 

Dengan  standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1.      peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2.      guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.      guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4.      orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan daan kesastraan di sekolah;
5.      sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6.      daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.

B.     Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.      Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.      Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.      Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.      Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

C.     Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.                              Mendengarkan
2.                              Berbicara
3.                              Membaca
4.                              Menulis.

Pada akhir pendidikan di SMP/MTs, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan nonsastra.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas  VII, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.      Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita 


1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat 
1.2  Menuliskan kembali berita yang dibacakan      ke dalam beberapa kalimat 
Berbicara
2.      Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman

2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
2.2  Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
Membaca
3.      Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca 

3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai 
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit 
3.3  Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
Menulis
4.      Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi




4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
4.3  Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar
Mendengarkan
5.      Mengapresiasi  dongeng yang  diperdengarkan 


5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan  
5.2  Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang

Berbicara
6.      Mengeskpresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita

6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
6.2 Bercerita dengan alat peraga

Membaca
7.      Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan  membaca    

7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
7.2  Mengomentari buku cerita yang dibaca  

Menulis
8.      Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui  pantun dan dongeng

8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
8.2  Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang  pernah dibaca atau didengar


Kelas VII, Semester  2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9.      Memahami wacana lisan melalui kegiatan wawancara


9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan     seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara  
9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
Berbicara
10.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon

10.1 Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
Membaca
11.  Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai

11.1 Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani  dari buku biografi yang dibaca secara intensif
11.2   Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca  
11.3   Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca

Menulis
12.  Mengungkapkan berbagai informasi   dalam bentuk narasi dan  pesan singkat      

12.1 Mengubah  teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
13.  Memahami pembacaan puisi 


13.1 Menanggapi cara pembacaan puisi   
13.2  Merefleksi isi puisi yang  dibacakan  
Berbicara
14.  Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen

14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen 
14.2   Menjelaskan  hubungan  latar suatu cerpen (cerita pendek) dengan realitas sosial 

Membaca
15.  Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak 

15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinesik yang sesuai dengan isi puisi
15.2  Menemukan  realitas kehidupan  anak yang terefleksi dalam buku cerita anak baik asli maupun terjemahan

Menulis
16.  Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui  kegiatan  menulis kreatif puisi

16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami

Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.  Memahami wacana lisan berbentuk laporan         

1.1 Menganalisis laporan 
1.2  Menanggapi isi laporan   

Berbicara
2.  Mengungkap berbagai informasi melalui wawancara  dan presentasi laporan 


2.1   Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
            Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar

Membaca
3.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat


3.1   Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai
            Menemukan  tempat  atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang  tertera pada denah 
            Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit 
Menulis
4.       Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan  petunjuk

4.1   Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
4.2   Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
4.3   Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
Mendengarkan
5.      Mengapresiasi   pementasan drama

5.1   Menanggapi unsur pementasan drama  
5.2  Mengevaluasi pemeran tokoh dalam  pementasan drama

Berbicara
6.  Mengungkapkan pikiran dan  perasaan dengan bermain peran

6.1   Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
            Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa   
Membaca
7.  Memahami  teks drama dan novel remaja

7.1   Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
7.2   Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
Menulis
8.      Mengungkapkan  pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis  kreatif naskah drama

8.1   Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan     memperhatikan keaslian ide 
            Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan       memperhatikan kaidah penulisan naskah drama


Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9.      Memahami isi berita dari radio/televisi

9.1   Menemukan  pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton  melalui radio/televisi  
            Mengemukakan kembali berita yang didengar/ ditonton  melalui radio/televisi  
Berbicara
10.  Mengemukakan pikiran, persaan, dan informasi melalui kegiatan   diskusi dan protokoler    

10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan  pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
            Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar, serta santun
Membaca
11.  Memahami ragam wacana tulis dengan  membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca  nyaring

11.1 Menemukan  masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif 
11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas
Menulis
12.  Mengungkapkan informasi dalam bentuk  rangkuman, teks berita, slogan/poster 

12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer
12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai  keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif
Mendengarkan
13.  Memahami unsur intrinsik novel  remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan

13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja         (asli atau terjemahan) yang dibacakan
            Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan   
            Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan   

Berbicara
14.  Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi

14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
 14.2  Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
Membaca
15.  Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi 

15.1 Menjelaskan  alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan)
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi 

Menulis
16.   Mengungkapkan pikiran, dan perasaan dalam puisi bebas

16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai 
16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan 

Kelas IX,  Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.  Memahami dialog interaktif  pada tayangan televisi/siaran radio 

1.1   Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio 
1.2   Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran  radio 

Berbicara
2.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan  

2.1   Mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
            Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas
Membaca
3.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai   

3.1   Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif  
3.2   Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku   melalui kegiatan membaca memindai
Menulis
4.  Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris,  resensi, dan karangan


4.1   Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
4.2   Meresensi buku pengetahuan
4.3  Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana

Mendengarkan
5.      Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair


5.1   Menemukan tema dan pesan  syair yang diperdengarkan  
            Menganalisis unsur-unsur  syair yang diperdengarkan  

Berbicara
6.      Mengungkapkan kembali  cerpen dan puisi  dalam bentuk yang lain  

6.1   Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen
6.2  Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi
        dan suasana/irama yang dibangun

Membaca
7.      Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen)

7.1   Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
            Menganalisis nilai-nilai kehidupan  pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen

Menulis
8.      Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman  dalam  cerita pendek

8.1   Menuliskan kembali  dengan kalimat sendiri  cerita pendek yang pernah dibaca
            Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami


Kelas   IX,  Semester  2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9.      Memahami isi  pidato/khotbah/ceramah

9.1   Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar
            Memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/khotbah

Berbicara
10.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dalam pidato dan diskusi

10.1 Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas
                        Menerapkan prinsip-prinsip diskusi 

Membaca
11.  Memahami ragam wacana tulis dengan  membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca cepat 

11.1 Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan  buku melalui kegiatan membaca ekstensif  
11.2 Mengubah sajian grafik, tabel,  atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif  
11.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat  ± 200 kata per menit  

Menulis
12.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk  karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca

12.1 Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
12.2 Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif
12.3 Menulis  surat pembaca tentang lingkungan sekolah
Mendengarkan
13.  Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel


13.1 Menerangkan  sifat-sifat tokoh dari kutipan  novel yang dibacakan 
13.2 Menjelaskan  alur peristiwa dari suatu sinopsis novel yang dibacakan

Berbicara
14.  Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan drama  

14.1 Membahas pementasan  drama yang ditulis siswa 
14.2 Menilai mementasan drama yang dilakukan oleh siswa

Membaca
15.  Memahami novel dari berbagai angkatan

15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam buku novel angkatan  20-30 an
15.2 Membandingkan karakteristik  novel angkatan  20-30 an  

Menulis
16.  Menulis naskah drama     

16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca
16.2 Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata


      E. Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Share on Google Plus

Tentang Penulis Redaksi

Terimakasih Sudah Mengunjungi Web Kami, Semoga apa yang kami tuliskan bermanfaat untuk anda. Jangan Lupa Share jika bermanfaat
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Do'a kanlah agar pengelola website ini beserta keluarga besarnya Allah jadikan panjang umur dan bertakwa, diampuni segala dosa, sehat-kaya-bahagia hingga akhir usia. Dengan mendo'a kan kebaikan untuk kami, InsyaaAllah Anda akan mendapat kebaikan yang sama.

**JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTARNYA DI BAWAH INI ***