Header Advertisement

TATA TERTIB PENGAWAS RUANG UN


TATA TERTIB PENGAWAS RUANG UN
SDN WAY KALAM

1.      Persiapan UN
a.       Tiga puluh ( 30 ) menit sebelum ujian dimulai pengawas Ruang UN telah hadir di lokasi Sekolah/Madrasah penyelenggara UN.
b.      Pengawa Ruang UN menerima penjelasan dan pengarahan dari ketua penyelenggara UN.
c.       Pengawas Ruang UN menerima bahan UN yang berupa naskah soal UN, LJUN, Amplop LJUN, Dafar hadir, dan Berita Acara penyelenggaraan UN.

2.      Pelaksanaan UN
a.       Pengawas Ruang UN masuk ke dalam  Ruang UN 20 menit sebelum waktu pelaksanaan untuk melakukan :
1)      Memeriksa kesiapan ruang ujian.
2)      Meminta peserta UN untuk memasuki ruang UN dengan menunjukan kartu peserta UN dan menempati tempat duduk sesuai nomor yang telah ditentukan
3)      Memeriksa setiap peserta UN untuk tidak membawa tas,buku, atau catatan, alat komunikasi elektronik, kalkulator dan sebagainya kedalam ruang UN kecuali ala-alat yang akan dipergunakan.
4)      Membaca tata tertib UN.
5)      Meminta peserta ujian mentanda tangani daftar hadir.
6)      Membagikan LJUN kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian formulir identitas peerta UN( Nomor, Ujian, nama, tanggal lahir dan tanda tangan).
7)      Setelah seluruh peserta UN selsesai mengisi identitas, pengawas ruang UN  membuka amplop soal, memeriksa kelengkapan bahan ujian, dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam keadaan baik dan tertutup rapat (disegel), disaksikan oleh peserta ujian.
8)      Membagikan naskan soal UN dengan cara meletakan diatas meja peserta UN dalam posisi tertutup( terbalik). Peserta UN tidak diperkenankan untuk menyenttuhnya sampai tanda waktu UN dimulai.

b.      Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai, pengawas Ruang UN :
1)      Mempersilahkan peserta UN untuk mengecek kelengkapan soal.
2)      Mempersilahkan peserta UN untuk mulai mengerjakan oal.
3)      Mengingatkan peserta UN agar terlebih dahulu membaca petunjuk cara menjawab soal.

c.       Kelebihan naskah soal UN selama ujian berlangsung tetap disimpan di Ruang ujian dan tidak diperbolehkan dibaca oleh pengawas Ruang.
d.      Selama UN berlangsung, pengawas Ruang UN wajib :
1)      Menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang ujian.
2)      Member peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan.
3)      Melarang orang lain yang tidak berkepentingan memasuki ruang UN.

e.       Pengawas UN dilarang memberikan isyarat, petunjuk dan bantuan apapun kepada peserta UN berkaitan dengan jawaban soal UN yang diajukan.
f.        Lima menit sebelum waktu UN selesai,pengawas ruang UN member peringatan kepada peserta UN bahwa waktu tinggal lima menit lagi.

g.      Setelah waktu UN selesai, pengawas Ruang UN :
1)      Mempersilahkan peserta UN untuk berhenti mengerjakan soal.
2)      Mengumpulkan LJUN dan naskah soal UN.
3)      Menghitung jumlah LJUN sama dengan jumlah peserta UN.
4)      Menyusun secara LJUN dari nomor peserta terkecil dan memsukannya kedalam amplop LUNdisertai dengan dua lembar daftar hadir peserta, dua lembar berita acara pelaksanaan, kemudian ditutup dan dilem serta ditanda tangani oleh pengawas ruang UN di dalam ruang ujian.
5)      Mempersilahkan peserta UN menyerahkan LJUN Tingkat Sekolah/Madrasah disertai dengan satu lembar daftar hadir peserta dan satu lembar berita acara pelaksanaan UN
.
h.      Pengawas Ruang UN menyerahkan LJUN dan naskah soal UN kepada penyelenggara  UN  Tingkat Sekolah/Madrasah disertai dengan satu lembar daftar hadir peserta dan satu lembar berita acara pelaksanaan UN
Share on Google Plus

Tentang Penulis waykalam school

Terimakasih Sudah Mengunjungi Web Kami, Semoga apa yang kami tuliskan bermanfaat untuk anda. Jangan Lupa Share jika bermanfaat
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Do'a kanlah agar pengelola website ini beserta keluarga besarnya Allah jadikan panjang umur dan bertakwa, diampuni segala dosa, sehat-kaya-bahagia hingga akhir usia. Dengan mendo'a kan kebaikan untuk kami, InsyaaAllah Anda akan mendapat kebaikan yang sama.

**JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTARNYA DI BAWAH INI ***